Lembagakebudayaanbetawi.com.

Dalam upaya mengembangkan dan melestarikan seni budaya dan Bangunan Cagar Budaya (BCB) di wilayah Provinsi DKI Jakarta, perlu adanya perhatian kepada seniman, lembaga/organisasi kesenian, budayawan, pemerhati seni dan Bangunan Cagar Budaya (BCB) yang telah berjasa di bidangnya masing-masing. Dalam uapaya tersebut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta  memberikan penghargaan kepada seniman, grup kesenian, budayawan, pemerhati seni, dan pengelola/pemilik Bangunan Cagar Budaya tahun 2013.

 

Kegiatan yang rutin diselenggarakan 2 dua tahun sekali itu   dimulai dengan penjaringan dan seleksi calon penerima penghargaan, yang  dilaksanakan sejak bulan September 2013. Penghargaan diberikan kepada  6 (enam) orang seniman, 4 (empat) kelompok/lembaga seni budaya, 2 (dua) orang budayawan, 2 (dua) orang pemerhati seni budaya, dan 2 (dua) orang pengelola/pemilik bangunan cagar budaya. Bertindak sebagai tim penilai adalah pengamat  dari unsur  Akademi Jakarta , Dewan Kesenian Jakarta (Madin Tyasawan dan Fikar W. Eda), Badan Kerjasama Kesenian Indonesia Nasional (Nunus Sofandi dan Aji Damais),   Badan Kerjasama Kesenian Indonesia Provinsi DKI Jakarta (Barkah Asmoro), Institut Kesenian Jakarta (Jefry Al-katiri), Lembaga Kebudayaan Betawi (Yahya Andi Saputra dan Rudy Haryanto), Tim Sidang Pemugaran (Hartono) , dan Ikatan Arsitek Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

 

Terpilih sebagai penerima penghargaan kategori seniman :

  1. H.S Sanusi (Guru Besar Perguruan Pencak Silat Putera Betawi
  2. Nendra WD (guru theater/lenong)
  3. M. Taufik (pemusik samrah dan keroncong)
  4. Hj. Nori (pelaku lenong Betawi)
  5. H. Mursyidi (pelaku rebana biang)
  6. Ade Darmawan (bidang seni rupa)

Kategori Grup Kesenian :

  1. Sanggar Galeri Betawi (A. Sibli)
  2. Orkes Kroncong Bandar jakarta (H. Yoyo Muchtar)
  3. Topeng Blantek Pangker Grup (Marhasan)
  4. Sanggar Tari Novi (Novianti)

Kategori Budayawan :

  1. Prof. DR. Yasmin Zaki Shahab
  2. M. Abduh Aziz

Kategori Pemerhati Seni :

  1. DR. Tuti Tarwiyah
  2. Hj. Emma Agus Bisrie

Kategori Pemerhati Bangunan cagar Budaya :

  1. Ella Ubaidi
  2. Ir. Martono Yuwono

Kategori Pemilik /  Pengelola Bangunan cagar Budaya :

  1. Gedung PLN
  2. Rumah Tinggal Ibu KGRAy Satuti Yamin

Anugerah Budaya Tahun 2103 diserahkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 27 Desember 2013 bertempat di Balai Agung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.